https://plus.google.com/109400977221265407628' rel='author'/> https://plus.google.com/109400977221265407628' rel='publisher'/> OdinkRaider: Mempercepat kinerja komputer https://plus.google.com/109400977221265407628' rel='author'/> https://plus.google.com/109400977221265407628' rel='publisher'/>

12/01/14

Mempercepat kinerja komputer

Untuk mempercepat kinerja komputer, dan menghemat resource cpu pada komputer ada beberapa system service yang bisa dinonaktifkan antara lain





1. IP Helper



Deskripsi : fasilitas iniMenyediakan konektivitas tunnel menggunakan teknologi transisi IPv6 (6to4, ISATAP, meningkatkan terminal Proxy, dan Teredo) dan  Jika layanan ini dihentikan IP-HTTPS, komputer tidak akan memiliki manfaat peningkatan konektivitas yang ditawarkan oleh teknologi sekarang ini.



Mengapa Mengapa service ini tidak dibutuhkan: Karena banyak organisasi bahkan belum memulai uji coba menggunakan IPv6. Sebagaimana ditunjukkan dalam deskripsi layanan, layanan IP Helper leveraged dalam transisi IPv4 ke IPv6-.



2: Offline Files



Deskripsi: Offline file adalah layanan melakukan kegiatan pemeliharaan pada cache Berkas Offline, menanggapi logon pengguna dan acara logoff, mengimplementasikan internal dari API umum, dan berita-berita acara menarik bagi mereka yang tertarik dalam kegiatan Berkas Offline dan perubahan di bagian Cache.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika Anda tidak menggunakan Offline Files fitur ditemukan di kedua klien Windows dan produk server, layanan ini dapat dengan aman dinonaktifkan. Jelas, Tetapi jika Anda terhubung ke jaringan untuk sinkronisasi file melalui jaringan, Anda harus mengaktifkan layanan ini.



3: Network Access Protection Agent



Deskripsi: Network Access Protection (NAP) layanan agen mengumpulkan dan mengelola informasi kesehatan dari komputer klien pada jaringan. Informasi yang dikumpulkan oleh agen NAP digunakan untuk memastikan bahwa komputer klien memiliki software yang dibutuhkan dan pengaturan. Jika komputer klien tidak sesuai dengan kebijakan kesehatan, dapat diberikan dengan akses jaringan terbatas sampai konfigurasi diperbarui. Tergantung pada konfigurasi kebijakan kesehatan, komputer klien mungkin otomatis diperbarui sehingga pengguna mendapatkan kembali akses jaringan penuh tanpa harus secara manual memperbarui komputer mereka.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika Anda tidak terhubung ke jaringan tidak diperlukan. jadi layanan ini bisa dinonaktifkan.



4: Parental Controls



Deskripsi: Layanan ini merupakan rintisan untuk fungsi Parental Control yang ada di Windows Vista. Hal ini disediakan untuk kompatibilitas saja.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jaringan perusahaan jarang digunakan fungsi Parental Control Vista. Selanjutnya, ini adalah layanan warisan dari Windows Vista.



5: Smart Card



Deskripsi: Mengelola akses ke kartu pintar dibaca oleh komputer ini. Jika layanan ini dihentikan, komputer ini tidak akan dapat membaca kartu pintar. Jika layanan ini dinonaktifkan, setiap layanan yang secara eksplisit bergantung padanya akan gagal untuk memulai.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika organisasi Anda tidak menggunakan smart card untuk keperluan otentikasi, Anda dapat dengan aman menonaktifkan layanan ini.



6: Smart Card Removal Policy



Deskripsi: Memungkinkan sistem untuk dikonfigurasi untuk mengunci desktop pengguna dalam hal penghapusan kartu pintar.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Jika organisasi Anda tidak menggunakan smart card untuk keperluan otentikasi, Anda dapat dengan aman menonaktifkan layanan ini.



7: Windows Media Center Receiver Service



Jendela description: Windows Media Center Layanan untuk TV dan penerimaan siaran FM.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Di lingkungan sebagian besar perusahaan rumah, TV dan penerimaan siaran FM pada komputer desktop tidak dianggap sebagai "bisnis penting" karena sudah ada peralatan TV dan Radio, jadi tidak terlalu dibutuhkan. Anda dapat menonaktifkan layanan ini untuk menghemat sumber daya.



8: Windows Media Center Scheduler Service



Deskripsi: Layanan untuk memulai dan berhenti merekam program TV dalam Windows Media Center.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Karena tidak ada kebutuhan untuk merekam program TV di lingkungan perusahaan/perumahan.



9: Windows Media Player Network Sharing Service



Deskripsi: Service  Windows Media Player perpustakaan untuk terhubung ke player lain dalam jaringan lainnya dan perangkat media menggunakan Universal Plug and Play.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Pada jaringan perusahaan apalagi anda tidak berada di dalam jaringan komputer, Windows Media Player tidak terlalu bermanfaat di jaringan rumah. Menonaktifkan layanan ini tidak akan berdampak pada kegiatan bisnis.



10: Fax



Deskripsi: Memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima faks, memanfaatkan sumber daya faks yang tersedia di komputer ini atau pada jaringan.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Bila anda tidak perlu mengirim fax atau anda memiliki mesin fax sendiri, berarti layanan ini tidak diperlukan.



11: HomeGroup Listener



Deskripsi: Membuat perubahan komputer lokal berkaitan dengan konfigurasi dan pemeliharaan komputer homegroup-dalam jaringan. Jika layanan ini dihentikan atau dinonaktifkan, komputer Anda tidak akan bekerja dengan baik dalam homegroup dan homegroup Anda mungkin tidak bekerja dengan baik. Dianjurkan agar Anda menjaga layanan ini berjalan.



Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Bila anda laptop atau komputer anda tidak berada atau bergabung di jaringan lan dan tidak butuh konfigurasi dan pemeliharaan dari komputer server, maka layanan ini tidak diperlukan.



12: HomeGroup Provider



Deskripsi: Melakukan tugas jaringan yang berhubungan dengan konfigurasi dan pemeliharaan homegroups. Jika layanan ini dihentikan atau dinonaktifkan, komputer Anda tidak akan dapat mendeteksi homegroups lain dan homegroup Anda mungkin tidak bekerja dengan baik. Dianjurkan agar Anda menjaga layanan ini berjalan.



Mengapa hal ini dapat dinonaktifkan:

Mengapa ini dapat dinonaktifkan: Bila anda laptop atau komputer anda tidak berada atau bergabung di jaringan lan dan tidak butuh konfigurasi dan pemeliharaan dari komputer server, maka layanan ini tidak diperlukan.



13: Tablet PC Input Service



Jendela description: Mengaktifkan Tablet PC pena dan tinta fungsionalitas.



Mengapa hal ini dapat dinonaktifkan: Sebagian besar PC yang dikerahkan untuk pengguna tidak memiliki perangkat keras yang dapat memanfaatkan kemampuan tablet. Layanan ini hanya menggunakan sumber daya sistem yang tidak memberikan manfaat.



Layanan lainnya



ada beberapa system service dari aplikasi yang anda intall, bila tidak sering anda gunakan lebih baik di setting manual atau di disable, bila anda ingin menggunakannya tinggal diaktifkan



Untuk layanan dari microsoft windows lainnya harus di aktifkan untuk system service file dan system anda



- Print Spooler: Jika Anda tidak memiliki printer yang terpasang ke komputer Anda dan Anda tidak menggunakan printer virtual (misalnya: PDF pencipta, Microsoft XPS Document Writer, SnagIt, dll), Anda dapat menonaktifkannya. Pengaturan Aman: Manual;



- Routing and Remote Access Service: Layanan ini menawarkan rute layanan untuk bisnis di daerah dan jaringan luas. Hal ini memungkinkan komputer untuk dial ke komputer lokal dalam rangka untuk mendapatkan akses ke jaringan lokal. Pada komputer rumah Anda tidak perlu fitur tersebut. Pengaturan Aman: Manual;



- BitLocker Drive Encryption Service: kecuali jika Anda menggunakan Software Enkripsi Microsoft (termasuk dalam Windows 7 Ultimate dan Enterprise Edition, dan Windows 8 Pro dan Enterprise), Anda dapat menonaktifkan layanan ini. BitLocker Drive Encryption adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melindungi data dengan menyediakan enkripsi untuk seluruh volume. Pengaturan Aman: Manual;



- Remote Desktop Configuration: Remote Desktop Protocol adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh Microsoft yang menyediakan pengguna Windows dengan antarmuka grafis ke komputer lain. Klien yang digunakan oleh Microsoft disebut Remote Desktop Connection. Jika Anda tidak perlu untuk melakukan koneksi remote ke komputer lain atau mengizinkan koneksi remote masuk dengan Anda, maka aman untuk menonaktifkan layanan ini. Pengaturan Aman: Manual;



- Remote Registry: Layanan ini memungkinkan pengguna jauh untuk memodifikasi Registry Windows. Beberapa orang mengatakan bahwa memiliki layanan ini diaktifkan dapat menimbulkan masalah keamanan, dan karena itu, memilih untuk menonaktifkannya. Pada Windows Vista dan Windows 7, layanan ini diatur untuk memulai pengguna secara default, sedangkan di Windows 8 itu dinonaktifkan. Setelah nonaktifkan, saya mengalami beberapa masalah saat memperbarui sistem saya, jadi saya benar-benar berpikir bahwa itu aman untuk meninggalkannya diatur ke Manual, setidaknya pada Windows 7. Pengaturan Aman: Manual;



- Routing and Remote Access Service: Layanan ini menawarkan layanan routing untuk bisnis di daerah dan jaringan luas. Hal ini memungkinkan komputer untuk dial ke komputer lokal dalam rangka untuk mendapatkan akses ke jaringan lokal. Pada komputer rumah Anda tidak perlu fitur tersebut. Pengaturan Aman: Manual;



- Secondary logon: jika Anda adalah satu-satunya pengguna komputer Anda, dapat dinonaktifkan. Tapi hanya jika Anda tidak berencana untuk menggunakan lebih dari satu akun pengguna. Pengaturan Aman: Manual;



- Microsoft iSCSI Initiator Service: iSCSI adalah singkatan dari Internet Small Computer System Interface - sebuah standar jaringan penyimpanan berbasis IP untuk menghubungkan fasilitas penyimpanan data. Hal ini memungkinkan komputer klien untuk mengakses data jarak jauh pada pusat data remote, dengan menggunakan infrastruktur yang ada (ex. melalui LAN, Internet). perangkat iSCSI adalah disk, kaset, CD, dan perangkat penyimpanan lainnya pada komputer jaringan lain yang Anda dapat terhubung ke. Kadang-kadang perangkat penyimpanan merupakan bagian dari jaringan yang disebut jaringan area penyimpanan (SAN). Kecuali jika Anda perlu untuk menghubungkan ke perangkat iSCSI, adalah aman untuk menonaktifkan layanan ini. Pengaturan Aman: Manual;



- Windows Connect Now: layanan ini digunakan oleh laptop dan komputer mobile lainnya untuk terhubung ke Jaringan Wireless. Jika Anda berada di komputer desktop, Anda dapat menonaktifkan layanan ini. Pengaturan Aman: Manual;



- Netlogon: layanan ini tidak diperlukan di komputer rumah. Ia memelihara saluran aman antara komputer lokal dan kontroler domain untuk otentikasi pengguna. Kecuali Anda menghubungkan ke domain jaringan, layanan ini tidak akan digunakan. Pengaturan Aman: Manual;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us OIn Facebook